Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 22 Oktober 2012


Proses yang pertama untuk membuat boneka dari Gabus. Sebelum ke Berikutnya saya akan mendefinisikan tentang Boneka Washi. Boneka ini adalah:
boneka yang menirukan seseorang yang berada dalamnya.

Gunting digunakan untuk memotong kertas yang akan digunakan untuk pembuatan Boneka Washi.

Lem Perekat
Lem digunakan untuk menempelkan kertas yang dibutuhkan untuk pembuatan Boneka Washi.

Cutter "Pembuatan Boneka Washi"
Cutter digunakan untuk membagi bola gabus agar lekungan dari bola dapat rata sehingga ke dua bola gabus dapat digabungkan untuk menjadi tubuh Boneka Washi.
Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Boneka Washi antara lain:

Bola Dari Gabus
(1. ) 2 buah bola gabus yang memiliki berdiameter 4 cm digunakan untuk membuat tubuh dari Boneka Washi.

Kertas Hijau
(2.) 1 lembar kertas origami yang berwarna hijau yang berukuran 16X1,5 cm, kertas (a) digunakan untuk membentuk bagian kerah Kimono yang akan digunakan sebagai pakaian Boneka Washi.

Kertas Berwarna
(3.) Pakaian hanya membuuhkan 1 lembar Washi yang berukuran 16X4 cm, kertas (c) digunakan untuk membentuk baju kimono Boneka Washi.

Kertas Berwara 2
(4.)  1 lembar kertas Washi berukuran 15X2 cm, kertas (b) digunakan untuk kimono luar bagian agar Boneka washi bisa berdiri.
(5.) 1 lembar kertas origami hijau berukuran 15×2 cm, kertas (d) yang digunakan untuk membuat obi atau ikat pinggang boneka washi

Kertas Hijau Panjang

Kotak Hijau
(7.)  1 lembar kertas origami hijau berukuran 4×6 cm, kertas (e) yang digunakan untuk membuat pita belakang dari bagian tubuh boneka, terletak di atas ikat pinggang.


2 Kertas Berwarna

(8.) 2 lembar kertas berukuran 5X3,5cm, kertas (f) yang digunakan untuk membentuk tangan dari boneka.


Kertas Hitam "Kertas Krem"
(9.) Kertas Krem Hitam ini berukuran 10,5 X 5cm, kertas (g) yang digunakan untuk rambut bagian dari belakang boneka washi yang digunakan sesuai keinginan sang pembuat.


"Kertas Krem" Hitam Panjang
(10.) Kertas Krem Hitam yang berukuran 13X3,5cm, kertas (h) digunakan untuk membuat bagian rambut boneka Washi dibagian depannya.


PROSES PEMBUATAN BONEKA WASHI
1. Siapkan 2 bola gabus yang digunakan untuk membuat kepala dan tubuh dari boneka washi.

2 Bola Dari Gabus

2. Potong bagian lingkaran dari bola gabus agar bagian bawah gabus menjadi rata dan dapat digunakan sebagai kepala dari boneka Washi.

Potongan Gabus

3. Setelah bagian gabus dari bawah menjadi rata kita masukkan tusuk gigi untuk menghubungkan kepala dan badan boneka. Jika tusuk gigi terlalu panjang potong sedikit ujungnya agar tidak sampai menembus kedua sisi bola gabus.


2 Bagian Gabus

4. Berilah Lem Pada bagian penghubung antar kedua bola gabus, agar kedua bola gabus tidak mudah lepas.


Lem Pada Bola Gabus

5. Siapkan kertas (a) lipat menjadi 2 bagian pada posisi Land scape, lalu berikan lem pada bagian yang dilipat.


Kertas Lipat Warna Hijau

6. Tempelkan kertas (a) ke kertas (b), tempelkan pada bagian atas kertas (b). Sisakan seperempat bagian dari kertas (a) keluar batas atas kertas (b). Kertas (1) akan terlihat seperti kerah.


Kertas Berwarna Dilipat

7. Tempelkan gabungan kertas (a) dan kertas (b) pada bola gabus posisi bawah (bagian badan boneka). Tempelkan dengan menggunakan lem, bentuk seperti baju kimono. Pastikan bagian sisi kanan baju berada dibawah sisi kiri baju.


Lipatan Bagian Badan Boneka

8. Beri lem pada bagian sisi bawah kertas boneka washi. Rapikan sisa kertas yang keluar agar terlihar rapi dan bagus.


Lem pada Boneka Washi

9. Siapkan kertas (c). Tempelkan kertas (c) menggunakan lem pada setengah bagian badan boneka, agar boneka bisa berdiri. Tempelkan kertas dari arah ke depan ke belakang boneka. Pastikan pertemuan ujung kertas bertemu dibelakang badan boneka.


Bentuk Sesuai Keinginan

10. Siapkan kertas (d). Lipat menjadi dua bagian pada posisi Landscape, lalu berikan lem pada bagian yang dilipat. Kertas akan digunakan sebagai Obi.


Kertas Hijau Seperempat

11. Siapkan Kertas (d). Tempelkan Kertas (d) menggunakan lem pada bagian badan boneka, pada hubungan antara dua kertas washi pada bagian tengah pinggang. Tempelkan kertas dari arah ke belakang boneka. Pastikan pertemuan ujung kertas bertemu dibelakang badan boneka.


12. Siapkan kertas (e). Lipat menjadi 2 bagian, beri lem pada bagian yang dilipat. Gunting sedikit pada ujung sehingga membentuk sebuah tangan Yukata atau Kimono.

 
13. Siapkan kertas (e) yang telah terbentuk tangan Yukata atau Kimono, tempelkan pada sisi kiri dan kanan pada Pakaian Boneka Washi.


Pakaian Boneka Washi
14. Siapkan Kertas (f). Lipat sedikit sisi-sisi sebelah kiri dan kanan sehingga akan terbentuk menjadi sebuah Trapesium.


Lipatan Kertas Hijau Trapesium

15. Lipat menjadi 3 bagian hingga membentuk trapesium yang kecil


Lem Kertas Hijau Membentuk Trapesium

16. Tempelkan pada bagian Belakang Boneka Washi
Tempelkan Pada Boneka Washi

17. Siapkan Kertas (g). Tempel menggunakan lem pada kepala boneka, dengan arah dari belakang ke depan. Sisakan sedikit kepala untuk digunakan sebagai wajahnya.


Rambut Model Boneka Washi

18. Siapkan kertas (h) dan bentuk rambut sesuai keinginan, bisa terurai, kuncir, dan konde. Pada gambar ini saya akan menggunakan model rambut Konde. Lipat kertas (h) menjdai tiga bagian. Lipat kembali menjadi 3 bagian, hingga terbentuk kotak. Tempel kertas pada bagian atas kepala Boneka.


Lipatan Kertas Krem

19. Beri Mulut dan mata dengan mnggunakan spidol


Lem Pada Kepala Boneka Washi

Sekian Tips Kreasi Tentang Pembuatan Boneka Washi. Dan kalau ada kesalahan dalam penulisan Mohon dimaafkan. Sekian dari saya dan Terima Kashi.

1 komentar:

  1. Thax mbak putri atas artikelnya. saya sangat suka liat boneka washi apalagi yang tiga dimensi. lucu2
    japanese

    BalasHapus